Pemeriksaan Pada Operasi Harian


-->
Materi pelajaran ke VI
Compressor udara
by ridlo's

Operasinal compressor tiap harinya menuntut adanya pelayanan dan perawatan yang antara lain:
a. Sediakan buku catatan operasi yang harus diisi setiap hari dengan data-data : temperature setiap bagian yang penting, tekanan kerja, konsumsi minyak pelumas, kebocoran-kebocoran (udara, minyak, dan air), fluktuasi tekanan hidrolik, perubahan bunyi dan getaran serta hal-hal lain yang dirasa penting.
b. Katup pengaman harus dioperasikan manual sekali tiap hari.
c. Zat cair didalam tangki udara dan pemisah harus dikuras dua kali tiap hari.
d. Pastikan bahwa meter-meter bekerja dengan baik (jarum manometer dapat bergerak dengan harus dan dapat menunjuk skala nol saat tekanan kosong.
e. Pastikan bahwa katup pengatur tekanan dan tombol tekanan akan bekerja pada daerah tekanan yang sesuai.
Lakukan penyetelan jika sesuai. Untuk mempermudah dicermati, ikhtisar pemeriksaan harian dapat di cermati pada table berikut:
No
Yang diperiksa
Cara memeriksa
1
Permukaan minyak
Jagalah agar permukaan minyak pelumas ada dalam batas-batas yang ditentukan seperti terlihat pada pengukur permukaan.
Tambahkan minyak jika permukaan sudah mencapai batas terendah.
2
Pembuang air pengembunan
Bukalah katup pembuang air dari tangki udara. (air akan mudah dikeluarkan jika tekanan didalam tangki udara adalah 0,5-1,0 kg/cm² atau 0,05-0,1 MPa).
3
Pengukur tekanan
Periksa apakah jarum manometer dapat bergerak secara halus, dan jarum penunjuk angka nol (atau mendekati nol) bila tekanan didalam tangki adalah nol.
4
Katup pengatur
Periksalah dengan mengamati manometer, apakah compressor bekerja pada daerah tekanan sebagaimana ditetapkan pada pengatur tekanan.
5
Tombol tekanan (pressure switch)
Periksalah dengan mengamati manometer, apakah compressor bekerja pada daerah tekanan sebagaimana ditetapkan pada tombol tekanan.
6
Katup pengamanan
Tariklah sedikit jarum katup pengaman pada keadaan tekanan mencapai maksimum (jarum manometer menunjuk pada garis merah). Jika dengan tarikan ringan saja katup sudah dapat terbuka, maka katup dalam keadaan baik.
7
Lain-lain
Periksalah bagian-bagiannya apakah ada bunyi atau getaran yang luar biasa (tidak normal).
1. Pemeriksaan rutin atau berkala
Compressor mempunyai bagian yang mendapat beban tumbukan dan yang saling meluncur dengan tekanan permukaan yang besar. Selain itu getaran mekanis serta denyutan tekan merupakan hal tak dapat dihindari. Karena jika di ingini umur panjang dan performansi yang tetap baik, compressor harus dioperasikan dengan benar serta lakukan pemeriksaan dan pemeliharaan dengan cermat serta diperiksa secara periodic.
2. Penanganan compressor tidak aktif
Jika kompresor tidak dipakai untuk jangka waktu lama (tidak aktif), kompresor akan berkarat, berdebu, mutu minyaknya menurun, terjadi pengembunan lagi, kompresor dapat mengalami gangguan seandainya tidak dipelihara dengan baik pada waktu tidak dipakai. Apabila kompresor tidak dipergunakan selama lebih dari sebulan, perlu dilakukan hal-hal sebagai berikut:
a. Jika keadaan lingkungan banyak berdebu, kompresor harus ditutup dengan lembar plastic pada tempat pernafasan kotak engkol, perapat poros, tutup katup, pompa minyak, instrumentasi, dan sebagainya.
b. Jika mungkin, instrument-instrumen dibuka dan disimpan.
c. Katup-katup harus tertutup sepenuhnya untuk mencegah pipa-pipa kemasukan debu, atau air hujan.
d. Minyak pencegah karat atau gemuk harus dilapiskan pada bagian dalam kompresor. Kompresor harus diputar dengan tangan sekali sebulan untuk mencegah pengkaratan dan untuk meratakan minyak pelumas. Jika kompresor terhubung dengan sumber tenaga listrik, maka dapat dijalankan selama 10 menit tiap hari tanpa beban.
e. Jika kompresor masih terhubung dengan sumber tenaga listrik dan tidak akan dipergunakan dalam jangka waktu sangat lama, sebaiknya semua tombol dikunci supaya aman.
3. Pemeriksaan besar (over haul)
Pada waktu overhaul (pembongkaran dan perakitan kembali) perlu diperhatikan hal-hal berikut.
a. Sebelum pembongkaran atau perbaikan dilakukan, listrik harus dimatikan dari tombolnya, dan udara yang masih tersisa di dalam tagki udara dibuang habis.
b. Bagian-bagian yang dibongkar harus diletakan di kotak atau diatas kertas secara berurutan untuk mempermudah pada waktu pemasangan kembali. Dengan cara ini tidak akan ada suku cadang yang terlewat atau tertukar urutan pemasangannya.
c. Paking atau cincin yang rusak harus diganti baru. Paking yang telah dipakai tidak boleh dipasang lagi.
d. Jika pencucian dilakukan dengan minyak yang mudah menguap. Bagian-bagian harus di keringkan benar-benar sebelum dipasang. Untuk membersihkan endapan karbon yang berasal dari minyak pelumas sebaiknya dipakai zat pembersih karbon.
e. Torak, katup, silinder, dan bagian-bagian lain yang saling meluncur harus diperlakukan secara hati-hati tanpa melukainya.
f. Pada waktu memasang kembali, lumurkan terlebih dahulu minyak pelumas yang sesuai pada permukaan-permukaan yang meluncur. Kegiatan dua ini menguraikan secara ringkas prosedur overhaul yang meliputi pembongkan, pemeriksaan dan pemasangan kembali kompresor udara jenis kompresor torak.

Popular Posts