Materi Kompressor V

-->
Materi Kompressor Udara
Pertemuan ke V
by ridlo


b. Pengujian kompressor
setelah kompressor selesai dipasang, harus dilakukan uji coba. Sebelum pengujian dilaksanakan, perlu diadakan pemeriksaan lebih dahulu.
1. Pemeriksaan sebelum uji coba
Hal-hal yang perlu diperiksa sebelum dilakukan antara lain:
a. kondisi instalasi
b. kondisi kabel-kabel listrik
c. kondisi pemipaan
2. Uji coba
Cara melakukan uji coba biasanya diberikan oleh pabrik didalam buku petunjuk. Namun umumnya pekerjaan tersebut mencakup hal-hal berikut :



a. Pemeriksaan arah putaran kompressor
Untuk ini hidupkan kompressor selama beberapa detik untuk meyakinkan bahwa kompressor berputar dalam arah yang sesuai dengan arah panah yang ada. Kompressor kecil mempunyai puli yang sekaligus berfungsi sebagai kipas angin untuk mendinginkan kompressor. Jika kompressor berputar dalam arah yang salah, pendinginan tidak akan sempurna dan kompressor menjadi panas serta dapat mengalami gangguan.

b. Operasi tanpa beban.
Opersari ini dilakukan dalam masa running-in untuk dapat mendeteksi kelainan didalam sedini mungkin. Operasi tanpa beban harus dilakukan selama jangka waktu yang telah ditentukan, dimana getaran, bunyi dan temperatur di setiap bantalan diamati.

c. Operasi dengan beban sebagian
Setelah operasi tanpa beban menunjukan hasil yang memuaskan, tekanan di naikan sampai suatu harga yang ditentukan, secara berangsur-angsur dengan mentrokel katup penutup utama disisi keluar. Temperatur pada setiap bantalan dan getaran serta bunyi diamati terus. Demikian pula arus listrik yang masuk serta tegangannya, dan lain-lain, harus dicatat selama operasi beban sebagian ini untuk dapat menemukan kondisi-kondisi yang tidak normal.
d. Pengujian peralatan pelindung
Pada akhir operasi beban sebagian, kerja katup pengaman dan katup pembebas beban harus diuji. Di sini batas-batas tekanan yang ditentukan harus dapat dicapai sesuai dengan buku petunjuk dari pabrik.
e. Operasi stasioner
Operasi menjaga tekanan keluar pada kompressor konstan menurut spesifikasi dari pabrik. Selama itu temperatur di setiap bagian, bunyi tak normal, kebocoran pada pipa-pipa, dan yang kendor diamati dengan cermat.
f. Penghentian operasi
Urutan langkah-langkah penghentian kompressor adalah saran pentignya dengan langah-langkah start dipandang dari segi umur mesin. Adapun urutan penghentian kompressor adalah sebagai berikut Biarkan kompressor berjalan selama beberapa menit dalam keadaan tersebut pada 1) untuk membersikan silinder-silinder dari uap air yang mengembun.

-->
- Turunkan beban kompressor sampai menjadi nol dan tutup katup air pendingin
- Biarkan kompressor berjalan selama beberapa menit dalam keadaan tersebut pada 1) untuk membersikan silinder-silinder dari uap air yang mengembun.
- Kemudian matikan motor, buka tutup penguras dan katuo laluan udara (ven), dan keluarkan air pendingin.
- Bila temperatur air pendingin di sisi keluar telah turun, aliran air pendingin malalui pendingin akhir dihentikan dan air dikeluarkan seluruhnya dari pendingin ini.
- Udara tekan didalam pipa keluar harus dibuang. Hal ini perlu untuk mencegah kembalinya air embun di pipa keluar ke dalam silinder.

Popular Posts