Pengertian Kopling ( Clutch )

Kopling (clutch) berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan putaran poros yang di dalam perangkat mobil adalah poros penggerak dan poros pemindah daya atau dari putaran mesin (engine) ke transmisi ( persneling), ketika mulai atau pada saat mesin akan berhenti atau memindahkan gigi.

syarat-syarat kopling
  1. Harus dapat memutus dan menghubungkan putaran mesin ke transmisi dengan lembut. Kenyamanan berkendara menuntut terjadinya pemutusan dan penghubungan tenaga mesin berlangsung dengan lembut. Lembut berarti terjadinya proses pemutusan dan penghubungan adalah secara bertahap.
  2. Harus dapat memindahkan tenaga mesin dengan mesin dengan tanpa slip. Jika kopling sudah berhubungan penuh maka antara Fly wheel dan plat kopling tidak boleh terjadi slip sehingga daya dan putaran mesin terpindahkan 100%.
  3. Harus dapat memutuskan hubungan dengan sempurna dan cepat. Pada saatkita operasionalkan, kopling harus dapat memutuskan daya dan putaran dengan sempurna, yaitu daya putaran harus betul-betul tidak di teruskan, sedang pada saat kopling tidak di operasionalkan, kopling harus menghubungkan daya dan putaran 100%. Kerja kopling dalam memutus dan menghubungkan daya dan putaran tersebut harus cepat atau tidak banyak membutuhkan waktu. yang singkat ajah lah pokoknya teh. biar ga ribet getooo.
udah dulu yah besok lagi kita lanjutin. mau makan dulu.

Popular Posts